5 Aplikasi Work-From-Home Terbaik Untuk Melakukan Video Conference (Virtual Meeting)

Posted on

Sahabat edmodo.co.id semua, saat ini kita masih dalam kondisi pandemi. Kita tidak tau sampai kapan pandemi virus COVID-19 akan berakhir. 

Tentu saja semua kita harus mengambil tanggungjawab untuk memutus matarantai menyebaran virus corona ini.

A screen shot of a computer

Description automatically generated

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, salah satunya adalah mengisolasi diri secara sosial. 

Demi memperlambat peneybaran virus corona kita harus tetap terisolasi secara sosial, namun itu tidak berarti bahwa kita harus membatalkan semua rencana. 

Agar kita tetap aman, ada yang bisa kita lakukan, yaitu bertemu dari jauh atau bekerja jarak jauh yang dapat kita lakukan di rumah.

Nah, untuk mendukung kegiatan kita dari rumah agar tetap bisa bertemu dengan rekan kerja atau bekerja dari jarak jauh, kita memerlukan aplikasi video conference. 

Tentunya aplikasi yang layak untuk melakukan panggilan video secara grup dan berkolaborasi dengan kolega. 

Berikut adalah 5 aplikasi work-from-home terbaik sebagai alat kerja dari rumah atau melakukan pertemuan jarak jauh yang akan membantu kegiatan kita dari rumah dalam masa pandemi virus corona.

Setiap aplikasi video conference tentunya memiliki fungsi yang sama, yaitu dapat berbagi layar desktop dengan rekan tim kita, memungkinkan untuk mematikan mikrofon, mengobrol, dan mengetik pesan.

Zoom

Zoom versi Windows, download gratis untuk panggilan video satu lawan satu atau undang beberapa orang untuk bergabung dengan video konferens  Anda selama 40 menit. 

Jika digunakan untuk pertemuan bisnis dan Anda ingin mengatur pertemuan hingga 100 orang lebih, maka dikenakan biaya $ 19,99 setiap bulan.

Dengan menggunakan Zoom Meeting baik menggunaka desktop maupun seluler akan membuat setiap rapat menjadi menarik. Pada saat rapat anda dapat melakukan pencatatan pada transkrip Zoom secara otomatis dan dapat ditelusuri.

Anda dapat berbagi video dan audio tanpa mengunggah konten. Anda juga dapat mengatur tampilan latar belakang secara virtual dan mengotrol pencahayaan.

Hangouts

Anda memerlukan akun Google untuk mengundang kolega Anda ke Hangouts dengan alamat email atau mengirim tautan. 

Menyiapkan panggilan video dengan 25 orang atau mengatur hangout khusus audio untuk 150 orang. Ingat bahwa ini adalah client online, Anda tidak dapat mengunduhnya untuk PC Windows Anda.

Hangouts merupakan fitur yang disediakan oleh Gmail dan hangouts juga tersedia untuk perangkat iOS, seperti iPhone, iPad, atau iPod Touch.

Dengan hanya satu alat obrolan, Anda dapat memperoleh semua keuntungan yang ditawarkan oleh utilitas komunikasi yang paling banyak digunakan. 

Memiliki akun Google dengan fleksibilitas produk dan yang ada di mana-mana, dan dukungan multi-platformnya menjadikan Hangouts pesaing serius dalam bidang obrolan secara online. 

Slack

Coba Slack untuk memulai dan bergabung dengan panggilan video dan audio 1: 1 secara gratis. Beli akun Standar untuk melakukan panggilan dengan hingga 15 anggota ruang kerja Anda.

Layaknya alat obrolan online, Slack juga memiliki fitur untuk dapat berbagi file, menyimpan file dan pesan dalam satu saluran.

Jika ingin mengadakan obrolan secara tatap muka dapat langsung beralih ke panggilan suara atau video dengan satu klik.

Berkolaborasi dengan mitra dapat dilakukan dengan cepat, seperti dengan klien eksternal, vendor, dan yang lainnya dalam satu saluran.

Microsoft Teams

Alternatif lain yang layak dicoba selain dari Slack adalah Microsoft Teams, ini adalah pilihan yang sempurna bagi Anda untuk menyelenggarakan pertemuan online dengan 250 orang. 

Jika Anda memiliki akun Bisnis Microsoft Office 365. Biayanya $ 8 per pengguna per bulan.

Memiliki fitur yang cukup lengkap dan terus dikembangkan, seperti fitur untuk rapat online menggunakan konsep kolaborasi virtual untuk masa depan pekerjaan dan pembelajaran. 

ClickMeeting

Manfaatkan ClickMeeting gratis selama 7 hari, dan untuk mengatur webinar langsung dengan 25 peserta dan rapat online untuk 5 orang. Maka Anda harus membayar $ 25 per bulan untuk paket Live.

Tetap bebas dari virus corona dan tetap berhubungan dengan rekan Anda!

Demikianlah penjelasan singkat mengenai 5 aplikasi work-from-home terbaik. Senoga bermanfaat.