Pengertian Bilangan Bulat, Macam-macam dan Contoh Soal

Posted on

Pengertian Bilangan Bulat, Macam-macam dan Contoh Soal – Hai sobat edmodo.co.id sebelumnya kita pernah membahas tentang Pengertian Bilangan, Macam-Macam dan Contohnya. Kali ini kita akan membahas khusus tentang Pengertian Bilangan Bulat, Macam-macamnya bilangan bulat dan beberapa contoh soal bilangan bulat. Simaklah penjelasan berikut ini secara lengkap.

bilangan bulat

Pengertian Bilangan Bulat

Dalam matematika, makna bilangan adalah konsep dalam bidang matematika yang digunakan untuk penghitungan dan pengukuran. Sedangkan bilangan memiliki tipe yang berbeda dan salah satunya adalah bilangan bulat.

Lalu apa itu bilangan bulat? bilangan bulat adalah sekumpulan angka yang terdiri dari bilangan bulat negatif, bilangan bulat positif dan juga nol.

Jika kita simpulkan dari ini, bilangan bulat adalah serangkaian angka yang berisi angka seperti angka, angka asli, angka nol, angka prima, angka, angka gabungan, dan juga angka negatif.

Macam-Macam Bilangan Bulat

Berikut ini adalah beberapa macam-macam bilangan bulat, diantaranya:

  • Bilangan Genap

Bilangan genap adalah angka yang keluar ketika dibagi dua. Angka genap diidentifikasi oleh huruf G. Misalnya: G = 2, 4, 6, 8, ..

  • Bilangan Ganjil

Bilangan ganjil terdiri dari angka yang tidak dapat dibagi dua. Nomor ganjil diidentifikasi oleh huruf J. Misalnya: 1, 3, 5, 7, …

  • Bilangan Prima

Merupakan angka yang hanya memiliki dua faktor, yaitu angka 1 dan angka itu sendiri. Bilangan prima dilambangkan dengan huruf P. Misalnya: 2, 3, 5, 7, 11, …

  • Bilangan Asli

Yakni bilangan yang terdiri dari bilangan bulat positif dimulai dengan angka 1. Biasanya, angka asli ini disebut huruf A. Misalnya: A = 1, 2, 3, ..

  • Bilangan Komposit

Bilangan komposit adalah angka yang terdiri dari angka yang bukan 0, 1, atau prima. Misalnya: 4, 6, 8, 10, 12, …

  • Bilangan Negatif

Bilangan negatif (integer negatif) adalah angka yang kurang dari atau kurang dari nol. Atau Anda juga bisa mengatakan bahwa angka di sebelah kiri nol dalam seri angka. Misalnya: {-1, -2, -3, -4, …}.

  • Bilangan Nol

Yaitu angka netral, baik positif maupun negatif. Angka nol dilambangkan dengan.

  • Bilangan Cacah

Bilangan cacah ini terdiri dari bilangan bulat positif yang dimulai dengan nol. Biasanya, nomor yang dipotong diidentifikasi dengan huruf C. Misalnya: C = 0, 1, 2, 3, 4, …

Contoh Soal Bilangan Bulat

Di bawah ini kami memberikan contoh pertanyaan yang terdiri dari contoh soal penambahan, contoh soal pengurangan, contoh soal penambahan dan pengurangan, contoh soal multiplikasi dan contoh soal pembagian.

  • Contoh Soal Penjumlahan:

1). 4a + 5a = 9a
2). 8z + 4z = 12z

  • Contoh Soal Pengurangan:

1).4a – 5a = -1a
2).8z – 4z = 4z

  • Contoh Penjumlahan dan Pengurangan:

1).10a + 3b + 2a – 7b =
= (10a + 2a) + (3b – 7b)
= 12a – 10b

  • Contoh Soal Perkalian:

(+) x (+) = + contoh: 2 x 5 = 10

A. Hasil dari 5 + [6 : (−3)] adalah ?

Jawaban :

B. Hasil dari −6 + (6 : 2) − ((−3) x 3) adalah ?

Jawaban :

C. Hasil dari (−20) + 7 x 5 − 18 : (−3) adalah ?

Jawaban :

Itulah penjelasan lengkap tentang bilangan bulat, mulai dari pengertian bilangan bulat, macam-macam bilangan bulat dan contoh soal bilangan bulat. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Baca Juga :