Pengertian Jujur: Jenis, Manfaat dan Contoh Perilaku Jujur

Posted on

Pengertian Jujur: Jenis, Manfaat dan Contoh Perilaku Jujur – Hai sahabat edmodo.co.id Sebelumnya sudah dibahas tentang Hidup Nyaman Dengan Perilaku Jujur. Pembahasan kali ini khusus tentang jujur. Materi yang akan dibahas antara lain Pengertian Jujur, Pengertian Jujur Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis Perilaku Jujur, Manfaat Bersikap Jujur, Contoh Perilaku Jujur. Simaklah penjelasan lengkap tentang kejujuran dibawah ini.

Pengertian Jujur

Pengertian jujur adalah adalah aspek karakter manusia dan moralitas yang luhur di mana seseorang yang memiliki karakter harus memiliki integritas, kejujuran, keadilan, ketulusan dan kesetiaan dan yang dapat dipercaya orang lain.

Pendapat lain menyatakan bahwa makna kejujuran adalah bentuk korespondensi antara kata yang diucapkan dengan tindakan seseorang. Dengan kata lain, seseorang dapat dikatakan jujur ​​jika mereka mengatakan sesuatu sesuai dengan kebenaran dan bertindak sesuai dengan apa yang seharusnya.

Tanpa kebiasaan jujur ​​sejak kecil, kejujuran tidak bisa dibuat dengan jujur. Untuk membantu kami memahami arti sebenarnya dari kata-kata jujur, berikut adalah ringkasan definisi kata-kata jujur ​​yang dapat kita gunakan sebagai sumber referensi.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki sifat jujur ​​di dalamnya. Namun, untuk mengembangkan perilaku jujur, semua orang perlu dilatih sejak kecil agar perilaku menjadi kebiasaan.

Jujur adalah salah satu sifat dan karakter manusia yang cukup sulit digunakan. Selain itu, jika sifat kejujuran tidak diajarkan sejak kecil, maka bisa jadi seseorang tidak akan memiliki kejujuran. Sifat jujur, yang sebenarnya jujur, biasanya hanya dapat digunakan dan dipraktikkan oleh orang-orang yang telah dilatih sejak kecil.

Kejujuran terkait erat dengan hati nurani. Hati nurani adalah sesuatu yang murni dan murni. Namun, terkadang kita ragu untuk mengikuti hati nurani kita. Ketika kita melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan, itu disebut bohong atau bohong, dan itu lawan yang jujur.

Pengertian Jujur Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu jujur, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Nurul Zuriah

Menurut Nurul Zuriah (2008: 49), pemahaman yang jujur ​​adalah nilai dan prinsip yang harus disampaikan kepada seseorang sejak pelatihan dasar mereka. Misalnya, pemeriksaan silang di kelas mengarah pada hasil.

2. Mohamad Mustari

Menurut Mohamad Mustari (2011: 13-15), pemahaman yang jujur ​​adalah perilaku manusia berdasarkan pada menjadikan diri Anda orang yang dapat Anda percayai dalam hubungannya dengan diri Anda dan pihak lain dalam hal kata-kata, tindakan, dan pekerjaan.

3. Dharma Kesuma dkk

Menurut Dharma Kesuma et al. (2012: 16) pemahaman yang jujur ​​adalah keputusan yang dimiliki seseorang ketika mengungkapkan perasaan, kata-kata dan tindakan mereka, bahwa fakta itu benar-benar terjadi dan tidak dimanipulasi oleh imitasi atau kebohongan untuk mendapatkan manfaat bagi diri mereka sendiri

Jenis-Jenis Perilaku Jujur

Tergantung pada tempatnya, jujur ​​dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis kejujuran adalah sebagai berikut:

  • Jujur Dalam Niat, tindakan didasarkan pada suatu keharmonisan antara sikap dengan keinginan hati. Didaalam penerapannya sehari-hari, seseorang yang jujur ​​akan bertindak berdasarkan hal-hal baik dan akan melakukannya dengan tulus atau tidak munafik.
  • Jujur dalam perkataan adalah proses berkhotbah atau menyampaikan informasi sesuai dengan kenyataan tanpa menambah atau mengurangi kebenaran.
  • Jujur dalam Perbuatan, d. H. Tindakan yang sesuai dengan apa yang seharusnya dan tidak melakukan penipuan terhadap orang lain.

Jujur Dalam Agama Islam

Ada lima jenis sifat jujur ​​dalam Islam yang harus dimiliki, yaitu:

  • Sifat Shidq Al-Qalbi adalah sifat jujur, penggunaannya adalah manusia.
  • Shidq Al-Wa’d adalah sifat jujur ​​yang penerapannya terletak pada janji-janji rakyat.
  • Sifat Shidq Al-Amal adalah sifat jujur, penerapannya terletak pada kegiatan dan tindakan.
  • Shidq Al-Hadits adalah sifat jujur ​​yang penerapannya terletak pada kata-kata yang diucapkan oleh manusia.
  • Sifat Shidq Al-Hall adalah sifat jujur, penerapannya terletak pada realitas sehari-hari.

Manfaat Bersikap Jujur

Pada dasarnya, jujur ​​adalah sesuatu yang sangat baik untuk semua orang yang terlibat. Mengenai definisi jujur, adapun beberapa manfaat jujur ​​adalah sebagai berikut:

  • Jika anda jujur, Anda memiliki perasaan yang lebih tenang dan lebih bahagia dalam hidup Anda.
  • Orang yang jujur ​​dianggap jujur ​​dan dapat dipandang oleh orang lain sebagai orang yang dapat dipercaya sehingga mereka umumnya lebih sukses dalam hidup.
  • Selamat atas bahaya. Orang yang jujur, meskipun awalnya dia merasa berat, tetapi pada akhirnya akan aman dari berbagai bahaya.
  • Dapatkan berkah di tokonya.
  • Jika seseorang jujur, dia telah memberikan kebaikan pada dirinya sendiri dan orang lain.
  • Digunakan dengan jujur, akan menjauh dari berbagai tindakan yang melanggar norma dan hukum negara. Misalnya korupsi, kolusi, dan nepotisme.
  • Dapatkan pahala seperti pahala seorang martir di jalan Allah SWT.
  • Sejujurnya, Anda terbiasa mendidik seseorang yang lebih bertanggung jawab, dapat dipercaya, dan dapat dipercaya untuk hal-hal besar.
  • Jika seseorang jujur, mereka akan mendapat empati dan simpati dari pihak lain.
  • Miliki perasaan yang baik dan hati yang tenang karena mereka tidak takut mengetahui kebohongan mereka.
  • Dicintai oleh Allah SWT dan Nabi-Nya dan dicintai oleh orang-orang.

Contoh Perilaku Jujur

Bahkan, ada banyak contoh perilaku jujur ​​yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga maupun di masyarakat. Beberapa contoh perilaku jujur ​​adalah sebagai berikut:

1. Di Lingkungan Sekolah

Melakukan ujian sesuai dengan keahlian Anda tanpa curang.
Kembalikan buku dari perpustakaan sesuai dengan peraturan.
Jujurlah dengan guru dan teman-teman di sekolah.
Tidak suka membuat alasan bohong ketika teman tidak masuk sekolah, padahal temanya membolos.

2. Di Lingkungan Keluarga

Jujurlah dengan orang tua jika Anda melakukan kesalahan.
Mengembalikan kelebihan uang saku kepada orang tua.
Membayar uang sekolah setelah perintah orang tua.
Memberitahu orang tua tentang ujian sekolah mengarah pada hasil nyata.
Jangan pura-pura tidur ketika orang tua memarahi Anda.

3. Di Lingkungan Masyarakat

Perhatikan rambu lalu lintas saat mengemudi.
Saya tidak mencoba untuk menyuap petugas polisi.
Bagikan informasi nyata dengan orang lain dengan benar.

Dalil Tentang Jujur Dalam Islam

Pengertian jujur adalah adalah sikap di mana hati, perkataan dan perbuatan cocok. Kejujuran juga memiliki makna yang sangat luas, karena kejujuran adalah sumber hati. Dan

kejujuran adalah kecocokan antara hati, kata-kata, dan perilaku yang kita tunjukkan. Jika salah satu dari tiga karakteristik tersebut tidak sesuai, itu adalah kebalikannya, yaitu bohong atau bohong.

Dalil Al-Qur’an Tentang Sifat Jujur

Surat At-Taubah Ayat 119

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَكُونُواْ مَعَ ٱلصَّٰدِقِينَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah swt, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (Q.S. At-Taubah: 119)

Surat Az-Zumar ayat 33

وَٱلَّذِي جَآءَ بِٱلصِّدۡقِ وَصَدَّقَ بِهِۦٓ أُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُتَّقُونَ

Artinya: Dan orang yang membawa suatu kebenaran (Nabi Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa (Q.S. Az-Zumar: 33)

Surat An-Nahl Ayat 105

إِنَّمَا يَفۡتَرِي ٱلۡكَذِبَ ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ بِ‍َٔايَٰتِ ٱللَّهِۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡكَٰذِبُونَ

Yang artinya: Sesungguhnya yang mengatakan kebohongan adalah hanyalah orang yang tidak mempunyai beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta (Q.S. An-Nahl: 105)

Surat Al-Ankabut Ayat 3

وَلَقَدۡ فَتَنَّا ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِهِمۡۖ فَلَيَعۡلَمَنَّ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ صَدَقُواْ وَلَيَعۡلَمَنَّ ٱلۡكَٰذِبِينَ

Artinya: Dan sesungguhnya kami telah menguji kaum jauh sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta (Q.S. Al-Ankabut: 3)

Demikianlah penjelasan lengkap tentang Pengertian Jujur, Jenis, Manfaat dan Contoh Perilaku Jujur. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kita tetang perilaku jujur.

Baca Juga :