Perbedaan Sepak Bola dan Futsal

Posted on

Perbedaan Sepak Bola dan Futsal : Sahabat-sahabat semua kali ini kita akan membahas mengenai sepak bola dan Futsal, yaitu pengertian sepak bola dan pengertian futsal, lapangan sepak bola dan futsal serta perbedaan sepak bola dan futsal.

Pengertian Sepak bola

Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang menggunakan media bola, dimainkan oleh 2(dua) team dengan anggota setiap team adalah 11 dan beberapa pemain cadangan. Sepak bola merupakan olahraga yang paling memasyarakat bahkan ada pertandingan sepak bola tingkat dunia (piala dunia).

Sehabat-sahabat semua tentu sering memainkan sepak bola bersama kawan, akan tetapi dalam sepak bola resmi ada peraturan sepak bola tentang jumlah pemainnya. Ya, sepak bola permainan yang banyak disukai oleh masyarakat. Anak-anak maupun orang dewasa senang memainkanya.

Subagyo Irianto (2010:3) mengemukakan bahwa

Pengertian tentang sepak bola adalah permainan di mana pemain dari dua tim yang berbeda bersaing untuk membawa bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang itu sendiri agar tidak kebobolan.

Muhyi Faruq (2008:17) mengemukakan bahwa

Sepak Bola adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang menguntungkan kebugaran fisik dan mental dan kinerja sosial.

Sepak bola adalah permainan dan olahraga yang berkaitan dengan kebugaran fisik. Permainan ini sendiri terlibat dalam kegiatan gerakan olahraga, karena bentuk aktivitas fisik terstruktur, terencana dan berkelanjutan dengan tujuan kebugaran fisik yang lebih baik.

Luxbacher (2008:2) mengemukakan bahwa

Pertandingan sepak bola itu dimainkan oleh 2 (dua) tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

Agus Salim (2008: 10) mengemukakan bahwa

Pengertian sepak bola adalah olahraga di mana sepakbola dimainkan dengan kaki Anda.

Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mencetak gol sebanyak mungkin, yang tentu saja harus dilakukan sesuai dengan kondisi yang ditetapkan. Untuk mencetak gol, Anda harus gesit, cepat dan pandai mengendalikan bola.

Tujuan Sepak Bola

Tujuan permainan sepak bola adalah agar kedua tim sepak bola menembakkan setiap bola sejauh mungkin ke dalam gawang sehingga satu tim mencetak poin tertinggi dan menjadi pemenang.

Pemain Sepak Bola

Dalam Permainan sepak bola resmi tentunya harus merujuk kepada aturan-aturan yang sudah ditetapkan. Misalnya untuk ukuran bola dalam permainan sepak bola adalah memiliki keliling 68-71 cm dan berat bola 396-453 gram.

Jumlah pemain setiap team memiliki 11 pemain dan beberapa pemain cadangan. Posisi pemain sepak bola terdiri dari penjaga gawang, pemain pertahanan (back), pemain tengah, pemain penyerang (striker) dan kapten team. Masing-masing dari posisi pemain sepak bola memiliki tugas dalam permainannya.

Adapun tugasnya adalah sebagai berikut:

  • Penjaga gawang terdiri dari 1 (satu) orang pemain, dengan tugas utamanya yang paling penting adalah menjaga dan menghalangi bola masuk kedalam gawang dengan kedua tangannya yang terbungkus sarung tangan special sepak bola.
  • Yang kedua adalah Pemain bertahan(back) biasanya yang terdiri dari 2 sampai 4 pemain, dengan tugas utamanya mereka adalah untuk bekerjasama antar pemain dalam satu team untuk mempertahankan serta menutup tim lawan dalam pergerakan bola menuju gawang.
  • Pemain Tengah biasanya terdiri dari 2 sampai 5 pemain, memiliki tugas inti mengelola waktu dan tempo permainan dan membantu pemain back dan pemain striker dalam team.
  • Pemain penyerang (Striker) terdiri dari 1 sampai 3 pemaain, memiliki tugas utama melakukan serangan dengan menggiring bola ke gawang lawan. Biasanya pemain ini hanya ada diposisi sayap baik saying kanan maupun sayapkiri.
  • Kapten Team adalah jabatan pemain yang hanya ada 1 (satu) dalam team yang akan memimpn dan mengkoordinasikan sesame pemain agar saling menjaga kekompakan dilapangan.

Lapangan Sepak Bola

Lapangan sepak bola yang ditetapkan oleh FIFA (organisasi sepak bola dunia) yaitu dengan Panjang min. 90 m dan max. 120 m, dan Lebar min. 45 m dan max. 90 m. gambar lapangan sepakbola dapat dilihat sebagai berikut:

Macam-macam Sepak Bola

Sepak bola memiliki beberapa jenis diantarnya yang paling sering kita jumpai adalah sepak bola mini, sepak bola indore (Futsal), sepak takraw dan lainnya.

Pengertian Futsal

Sahabat-sahabat semua, tentunya sering melihat permainan bola di dalam ruangan, inilah yang disebut dengan futsal.

Pengertian futsal adalah cabang olahraga sepak bola yang jumlah pemainnya lebih sedikit dan dilaksanakan di dalam ruangan.

Pada dasarnya pemaianan futsal ini telah dimodifikasi karena peraturan futsal dan tehnik bermain sama, namun jumlah pemain futsal hanya 5 pemain dengan pemain cadangannnya maksimal 7 orang pemain untuk masing-masing team.

Permainan futsal memiliki tujuan adalah pemain memasukan bola sebanyak-banyaknya dengan memanipulassi bola dengan kakinya.

Permainan futsal tidak seperti permaianan lainnya yang dilaksanakan didalam pembatas menggunakan garis. Waktu permaianan futsal dalam satu kali permaianan memiliki waktu 2×20 menit dengan jedap permainan (istirahat) 10 menit sedangkan memiliki perpanjangaan waktu selama 2×5 menit.

Untuk bola yang digunakan dalam permainan futsal tentunya berbeda dengan sepak bola, yaitu ukuran kelilingnya adalah 62-64 cm dan berat bolanya adalah 400-440 gram.

Lapangan Futsal

Ukuran lapangan futsal memiliki ukuran lapangan yang berbeda dengan sepak bola biasa. Gambar lapangan futsal dapat dilihat di bawah ini:

Lapangan permaianan futsal memiliki ukuran dengan panjang 25–45 m dan lebar 15-25 m. Untuk ukuran gawang futsal memiliki tinggi 2 meter dengan lebar gawang 3 m. Lapangan dengan daerah pinalti berbentuk busur dengan diameret 6 m dari titik tengah gawang.

Garis yang memiliki ukuran lebih panjang berfungsi untuk menjadi pembatas lapangan futsal.

Lapangan futsal dibagi menjadi 2 (dua) bagian yang dipisahkan dengan sebuah garis tengah. Ada garis lingkaran yang ada ditengah lapangan memiliki radius 3 (tiga) meter.

Kemudian terdapat touched line yang merupakan dua buah garis memiliki ukuran lebih panjang dan berfungsi sebagai pembatas.

Itulah penjelasan dan gambaran tentang lapangan futsal yang disertai dengan detail ukuran dan keteranga dari permainan futsal yang ada di Indonesia.

Setelah sahabat-sahabat membaca pengertian sepak bola dan pengertian futsal serta lapangan sepak bola dan futsal di atas, kita akan mencoba untuk menyimpulkan perbedaan sepak bola dengan futsal.

Perbedaan Sepak Bola dan Futsal

Dari penjelasan singkat di atas ditemukan beberapa perbedaan sepak bola dan futsal antara lain adalah:

  1. Bola yang digunakan
  2. Lapangan
  3. Jumlah pemain
  4. Waktu permainan
  5. Aturan yang digunakan

Bisa sahabat-sahabat scroll ke atas untuk membaca lagi bola yang digunakan, ukuran lapangan, jumlah pemain, waktu dan aturan-aturan yang digunakan dalam permainan sepak bola dan futsal.

Demikianlah pembahasan tentang Sepak Bola dan Futsal, mulai dari pengertian dan perbandiangannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baja Juga :