Struktur Dan Fungsi Akar, Batang, Daun, Dan Bunga

Posted on

Struktur Dan Fungsi Tumbuhan : Akar, Batang, Daun, Dan Bunga – Sahabat-sahabat edmodo.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Struktur dan Fungsi Akar, Batang, Daun, dan Bunga.

Membaca artikel ini akan membantu sahabat semua memahami bagian-bagian penyusun tubuh tumbuhan dan fungsinya dalam melakukan proses dalam kehidupannya. Mari kita simak artikel di bawah ini.

Tumbuhan dapat diklasifikasikan menjadi tumbuhan tidak berpembuluh (Thallophyta) yang meliputi tumbuhan lumut (Bryophyta) dan tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) yang meliputi tumbuhan paku (Pteridophyta) dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta).

Tumbuhan berbiji dapat dikelompokkan lagi menjadi tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae).

Apakah kamu masih ingat apa itu organ? Organ adalah kumpulan dari beberapa jenis jaringan yang berbeda, membentuk satu unit yang melakukan fungsi tertentu.

Apakah kamu tahu komponen tumbuhan berpembuluh? Tubuh tumbuhan berpembuluh terdiri dari beberapa organ. Secara umum, organ penyusun tumbuhan berpembuluh dapat dibagi menjadi organ vegetatif dan organ generatif (reproduksi).

Apa itu organ vegetatif? Organ vegetatif adalah organ tumbuhan yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, dan sangat berguna untuk penyerapan, pemrosesan, transportasi, dan akumulasi zat makanan.

Organ-organ vegetatif tumbuhan berpembuluh tersusun dari akar, batang dan daun. Organ generatif (reproduksi) adalah organ tumbuhan yang berfungsi dalam proses reproduksi atau seksual (didahului dengan acara perkawinan).

Pada tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) organ generatif (reproduksi) terdiri dari bunga, buah, dan biji.

Struktur dan Fungsi Akar

Akar adalah organ tumbuhan, umumnya di bawah permukaan tanah, tanpa buku-buku, tumbuh menuju pusat bumi atau menuju air, tidak hijau (keputihan atau kekuningan),
dan memiliki bentuk meruncing.

Tumbuhan memiliki dua jenis sistem akar: serabut dan tunggang. Tumbuhan monokotil seperti beras, jagung, dan rumput memiliki sistem akar serabut. Sebaliknya tumbuhan dikotil seperti kacang tanah dan mangga memiliki sistem akar tunggang.

Gambar Sistem Perakaran Tumbuhan (a) Akar Serabut, (b) Akar Tunggang

Fungsi akar adalah untuk memperkuat tubuh tumbuhan pada tanah atau medium tumbuhnya, menyerap air dan mineral dalam tanah atau pada medium tumbuhnya.

Pada beberapa tumbuhan, akarnya telah dimodifikasi untuk memiliki kemampuan untuk menyimpan cadangan makanan misalnya pada singkong dan ubi, dan memiliki kemampuan untuk menyerap oksigen dan bernafas, misalnya di tumbuhan bakau.

Struktur dan Fungsi Batang

Secara umum, melihat tanaman berdiri tegak di tanah tentunya memiliki batang yang mendukung cabang, daun, dan bunga.

Batang umumnya bulat seperti silinder, memiliki segmen (internodus), dan setiap segmen dibatasi oleh buku (nodus). Di nodus inilah tempat daun dan kuncup menempel.

Batang memiliki banyak fungsi, yaitu sebagai sarana penyokong bagian tumbuhan di tanah, mengangkut air dan mineral dari akar ke daun, dan mengangkut makanan dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

Gambar Perbedaan Struktur Luar Batang Monokotil dan Dikotil.

Batang tumbuhan monokotil memiliki ruas-ruas yang terlihat jelas pada gambar (a) Batang Bambu.

Sedangkan pada batang tumbuhan dikotil ruas-ruas batang tidak terlihat jelas (b) Batang Pohon Srikaya.

Pada beberapa tumbuhan, batangnya dimodifikasi dan berfungsi sebagai penyimpanan makanan, misalnya pada tumbuhan tebu dan kentang dan rimpang kunyit.

Gambar Tumbuhan yang Menyimpan Cadangan Makanan di Batang, (a) Tebu (b) Kentang, (c) Rimpang Kunyit

Struktur dan Fungsi Daun

Daun adalah organ tanaman yang menempel pada batang, biasanya dalam bentuk pigmen hijau tipis, lebar, yang disebut klorofil.

Daun memiliki beberapa fungsi, seperti sebagai alat menangkap gas karbon dioksida (CO2), yang digunakan sebagai sumber fotosintesis (bahan baku) untuk mengatur penguapan cahaya (transpirasi) dan respirasi tumbuhan

Apakah struktur luar daun dikotil dan monokotil berbeda? Ada perbedaan struktur eksternal daun monokotil dan dikotil. Daun monokotil peruratan daunnya sejajar, sedangkan tumbuhan dikotil peruratan daunnya menjala.

Gambar Perbedaan Struktur Luar Daun Monokotil dan Dikotil, (a) Daun Pepaya (Peruratan Menjala), (b) Daun Jagung (Peruratan Sejajar)

Struktur dan Fungsi Bunga

Kamu pasti sudah pernah melihat bunga bukan? Bunga adalah organ reproduksi tumbuhan. Bunga biasanya memiliki warna dan fitur menarik, sehingga dapat menarik serangga dan hewan lain yang dapat membantu proses penyerbukan.

Secara umum, bunga terdiri dari dua bagian utama, yaitu perhiasan bunga dan alat reproduksi bunga. Perhiasan bunga termasuk tangkai, kelopak (kaliks) dan mahkota (korola).

Organ reproduksi berupa benang sari (jantan) dan putik (betina). Bunga dengan bagian ini disebut bunga sempurna. Bunga yang tidak miliki salah satunya disebut bunga tidak sempurna.

Gambar Struktur Bunga

Beberapa bunga memiliki benang sari dan putik dalam satu bunga, berdasarkan keberadaan organ reproduksi dalam satu bunga. Bunga seperti itu disebut bunga sempurna.

Namun, beberapa bunga hanya memiliki satu alat kelamin per bunga, benang sari atau putik. Bunga seperti itu disebut bunga tidak sempurna.

Apakah struktur bunga dikotil dan monokotil sama? Monokotil dan dikotil dapat dibedakan berdasarkan karakteristik bunga, yaitu jumlah bagian-bagian bunga.

Tumbuhan monokotil memiliki bagian-bagian bunga, seperti daun kelopak, daun mahkota, dan benang sari berkelipatan 3. Dan dalam dikotil, berkelipatan 4 atau 5.

Struktur dan Fungsi Buah dan Biji

Jika kamu makan buah biasanya memiliki biji di dalamnya. Apakah kamu tahu dari mana buah dan bijinya berasal? Apakah kamu masih ingat bagian bunga? Diantara bagian dari bunga yaitu putik (pistillum).

Gambar Buah Mangga

Putik terdiri dari tiga bagian, yaitu bakal buah disebut ovarium, dan bagian memanjang disebut putik (stilus) dan kepala putik (stigma).

Gambar Struktur Putik

Ada satu atau lebih ovul (bakal biji) di ovarium. Pada perkembangan selanjutnya, bakal buah akan berkembang menjadi buah dan bakal biji akan berkembang menjadi biji.

Rangkuman

  1. Organ vegetatif adalah organ tumbuhan yang berfungsi sebaga pendukung pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, terutama pada penyerapan, pengolahan, pengangkutan, dan penimbunan zat-zat makanan.
  2. Organ vegetatif tumbuhan berpembuluh terdiri atas akar, batang, dan daun.
  3. Akar berfungsi untuk menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah atau medium tumbuhnya dan menyerap air dan mineral dalam tanah atau pada medium tumbuhnya.
  4. Batang berfungsi untuk menyanggah bagian-bagian tumbuhan yang berada di atas tanah, untuk jalan pengangkutan air dan mineral dari akar menuju daun, dan jalan makanan dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.
  5. Daun berfungsi untuk mengambil gas karbon dioksida (CO2) yang digunakan sebagai sumber (bahan baku) dalam fotosintesis, mengatur penguapan air (transpirasi), dan pernapasan (respirasi) tumbuhan.

Demikianlah penjelesan lengkap tentang Struktur Dan Fungsi Tumbuhan : Akar, Batang, Daun, Dan Bunga. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan bisa menambah wawasan kita tentang struktur dan fungsi tumbuhan.

Baca Juga :