Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi: Ginjal, Kulit, dan Hati

Posted on

Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi – Menjaga kesehatan sistem ekskresi adalah sangat penting kita lakukan. Sistem ekskresi yang harus kita jaga adalah kesehatan ginjal, kesahatan kulit, dan kesehatan hati.

Mari kita simak penjelasan di bawah ini dalam menjaga kesehatan sistem ekskresi.

Menjaga kesehatan sistem ekskresi
Sumber: https://www.vectorstock.com/

Upaya Menjaga Kesehatan Ginjal

Gangguan atau penyakit pada ginjal dapat berakibat fatal bagi tubuh apabila fungsi ginjal terganggu dapat memicu berbagai penyakit berat yang akan menyerang tubuh.

Oleh karena itu, kesehatan ginjal perlu dijaga dan dipelihara agar dapat berfungsi dengan baik. Upaya menjaga dan memelihara kesehatan ginjal antara lain sebagai berikut.

Minum Air Secukupnya

Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan minum air secukupnya, yaitu sekitar 8 liter/hari.

Minum air yang cukup dapat menjadikan seseorang sering buang air kecil, sehingga kotoran dan racun dapat dibuang oleh ginjal melalui urine. Kekurangan air dalam tubuh, maka akan memperberat kerja ginjal.

Apabila terlalu banyak banyak minum atau melebihi 8 liter/hari maka akan membahayakan ginjal, karena jumlah penyerapan air oleh tubuh dan yang dikeluarkan dalam bentuk urine tidak seimbang.

Tidak Menunda Buang Air Kecil

Terlalu sering menunda buang air kecil dapat mengganggu kerja ginjal dan kandung kemih. Menunda buang air kecil dapat menekan kandung kemih sehingga tidak baik untuk kesehatan ginjal.

Apabila kandung kemih dalam keadaan penuh namun tidak segera dikosongkan, dapat memungkinkan bakteri dalam urine berkembang atau dapat menginfeksi saluran kemih.

Tidak Mengkonsumsi Sembarang Obat atau Menggunakan Bahan Kimia

Beberapa antibiotik anti nyeri atau obat-obatan lain jika dikonsumsi tanpa anjuran dokter maka dapat merusak ginjal.

Pemakaian bahan kimia yang tidak sesuai dengan petunjuk, juga dapat menyebabkan rusaknya ginjal.

Upaya Menjaga Kesehatan Kulit

Berikut cara menjaga dan merawat kulit agar tetap sehat dan terhindar dari gangguan atau penyakit kulit.

Melindungi Kulit Dari Sengatan Sinar Matahari

Pancaran sinar matahari secara langsung dapat mengakibatkan kulit lelah dan mengalami dehidrasi.

Sinar matahari khususnya di siang hari dapat merusak serat elastin kulit yang memberi kelenturan kulit dan dapat merusak yang membentuk dan menunjang jaringan kulit.

Sinar matahari jika juga berpotensi mengakibatkan kanker kulit. Pencegahan dapat dilakukan dengan menggunakan tabir surya dan menggunakan pakaian tertutup atau membatasi lamanya kulit terpapar sinar matahari.

Olahraga yang Cukup

Berolahraga dapat membuat tubuh berkeringat sehingga zat-zat sisa metabolisme dapat keluar dari kulit.

Menjaga Kesegaran Kulit dengan Air

Air dapat diperoleh dari sumber makanan yang mengandung air, seperti sayuran dan buah-buahan segar. Air berfungsi sebagai medium pengangkut dan pembuangan zat-zat sisa.

Makan Makanan yang Bergizi

Makanan bergizi baik untuk tubuh. Zat gizi yang sangat diperlukan oleh kulit yaitu vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan mineral. Vitamin dan mineral dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran.

Menghindari Stres

Stres dapat menyebabkan gangguan pada kulit, misalnya eksim. Eksim merupakan satu contoh penyakit akibat stress kulit. Dengan meminimalkan stres, berarti telah mencegah bintik dan bercak pada kulit.

Menghindari Rokok

Kandungan kimia berupa zat benzopyrene pada rokok dapat membuat kulit cepat tua. Zat benzopyrene dapat menghabiskan vitamin C dalam tubuh sehingga menyebabkan kerutan pada kulit terutama pada wajah.

Menghindari Alkohol

Mengkonsumsi alkohol juga dapat membuat kulit cepat tua. Minuman beralkohol dapat membuat kulit cepat tua. Minuman beralkohol dapat menghabiskan simpanan vitamin B dalam tubuh dan mengurangi cadangan vitamin C.

Upaya Menjaga Kesehatan Hati

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan memelihara agar organ hati selalu sehat dan terhindar dari gangguan atau penyakit yang dapat menyerang organ hati.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat dapat menjaga kesehatan organ hati. Makanan sehat yang mengandung folat dapat membantu dalam mempersingkat waktu pemulihan bagi mereka yang menderita hepatitis.

Makanan yang mengandung folat dapat diperoleh dari sayuran terutama yang berdaun hijau. Selain itu, makanan yang mengandung vitamin B dan C juga dapat menjaga kesehatan hati.

Mengkonsumsi vitamin C sebanyak 500 mg setiap hari dapat mencegah penumpukan lemak dan sirosis hati.

Olahraga Secara Teratur

Olahraga membantu menghindarkan seseorang terkena gangguan organ hati yang mengarah pada sirosis hati.

Menghindari Minuman Beralkohol

Alkohol merusak sel-sel hati serta dapat mengakibatkan timbulnya pembengkakan yang bisa berujung pada kematian.

Selain itu, zat kimia tersebut juga mengakibatkan organ hati bekerja lebih keras untuk menyaring zat-zat berbahaya dalam tubuh.

Melakukan Imunisasi

Pemberian imunisasi sejak dini dapat mencegah penyakit hepatitis yang menyerang hati. Imunisasi yang digunakan untuk mencegah penyakit hepatitis, yaitu imunisasi hepatitis A dan B.

Minum Air Lemon

Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat membantu kinerja empedu dalam mengeluarkan racun dari tubuh sehingga membantu proses detoksifikasi racun yang dilakukan oleh hati.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi, semoga ada manfaatnya.

Sumber: modul pengayaan Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII

Baca Juga: