Masalah Ekonomi: Pengertian, Jenis dan Faktor

Posted on

Sahabat edmodo.co.id, pada artikel kali ini kita akan membahas materi ekonomi tentang Masalah Ekonomi. Adapun pokok pahasannya adalah pengertian masalah ekonomi, Jenis dan faktor.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas Pengertian Ilmu Ekonomi. Yuk! disimak penjelasannya.

Tidak mungkin menghasilkan semua jenis barang untuk setiap warga negara karena tidak ada ekonomi yang memiliki sumber daya tidak terbatas. Karena itu, setiap ekonomi harus dapat memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara optimal seperti tanah, tenaga kerja, dan modal.

Pengertian Masalah Ekonomi

Pengertian masalah ekonomi adalah ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan sarana yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan.

Ada tiga sebab utama dibalik masalah ekonomi, ketiga sebab itu adalah:

  1. Kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi barang dan jasa tanpa batas. Misalnya, meningkatnya permintaan untuk mobil mewah dan jenis alat komunikasi terbaru karena ada keinginan yang tak pernah terpuaskan.
  2. Kekurangan sumber daya yang dapat memenuhi kebutuhan kita. Tidak peduli seberapa kaya kita, kita tidak dapat memiliki semua keinginan kita, jadi kita harus membuat pilihan.
  3. Sumber daya memiliki penggunaan alternatif. Sebagai contoh, tanah digunakan sebagai tanah yang subur, daerah perumahan atau lapangan golf. Di sini kita juga dihadapkan dengan pertanyaan tentang pilihan.

“Kebutuhan orang untuk mengkonsumsi barang dan jasa tidak terbatas, termasuk barang yang dianggap mewah, dan penggunaan sumber daya adalah masalah pilihan.”

Semua barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat tidak diproduksi oleh ekonomi. Karena itu, masalah mendasar ekonomi terkait dengan pilihan, karena kelangkaan adalah masalah utama ekonomi.

Menurut Samuelson, ada tiga masalah utama ekonomi, yaitu:

  1. Apa yang diproduksi?
  2. Berapa banyak yang diproduksi? dan
  3. Bagaimana produksi dibuat dan untuk siapa produk itu diproduksi?

Ketiga masalah ini merupakan masalah ekonomi mikro.

Selain ketiga masalah disebutkan di atas ada dua masalah ekonomi yang masih terkait, yaitu:

  1. Masalah yang terkait dengan pengangguran dan
  2. Pertumbuhan ekonomi.

Masalah pertumbuhan ekonomi, tentu saja, terkait erat dengan masalah ketidakstabilan ekonomi dan neraca pembayaran, dan ini dikenal sebagai masalah ekonomi makro.

Jenis-jenis Kebutuhan

Setelah mengetahui pengertian masalah ekonomi diatas. Tentu saja, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan hampir tidak terbatas. Ketika teman diminta untuk menyebutkan atau menuliskan daftar kebutuhan, barang dan jasa yang saat ini mereka butuhkan pasti yang paling sering disebutkan atau ditulis. Mungkin teman-teman ingin tempat yang menarik, misalnya ke Hawaii, Paris, Hong Kong. Teman-teman semua dapat berharap bahwa orang tua mereka memiliki banyak mobil mewah, alat komunikasi mahal, rumah mewah dan sebagainya.

Tidak salah untuk memiliki daftar kebutuhan yang besar, tetapi menjadi masalah ketika kebutuhan tidak terbatas dan sarana untuk memenuhi kebutuhan mereka terbatas. Memang, kebutuhan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sebagai bagian dari kehidupan manusia, kebutuhan dapat diartikan, segala yang dibutuhkan manusia untuk mencapai kekayaan.

Berdasarkan tingkat intensitasnya, subjek yang membutuhkan, waktu pemenuhan kebutuhan dan sifat pemenuhan kebutuhan.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Tingkat Intensitas

Berdasarkan tingkat intensitas atau keharusan pemenuhan kebutuhan dibedakan menjadi:

  • Kebutuhan primer, kebutuhan primer adalah kebutuhan manusia yang harus dipenuhi untuk menjalani kehidupan seseorang. Ini seperti makan, berpakaian, dan memiliki tempat tinggal.
  • Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang terpenuhi sesuai dengan kebutuhan primer. Seperti kebutuhan sepatu, tas, alat kerja.
  • Kebutuhan tersier adalah kebutuhan mewah. Secara umum, tujuan memenuhi kebutuhan ini adalah untuk meningkatkan status sosial. Misalnya, penggunaan mobil mewah tidak berfungsi sebagai sarana transportasi utama, tetapi lebih untuk menunjukkan status sosial.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Subjek yang Membutuhkan

Kebutuhan ini dapat dibedakan atas individu dan masyarakat umum.

  • Kebutuhan individu, kebutuhan individu adalah kebutuhan yang terkait dengan banyak individu yang berbeda. Misalnya, guru membutuhkan buku dan bahan ajar, sementara petani membutuhkan benih, cangkul, dan pupuk.
  • Kebutuhan umum, kebutuhan umum adalah kebutuhan yang berhubungan dengan masyarakat atau disebut juga kebutuhan sosial. Misalnya jalan raya, jembatan penyeberangan, taman kota dan fasilitas umum lainnya.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktu pemenuhannya, kebutuhan dibedakan atas kebutuhan sekarang dan kebutuhan masa mendatang.

  • Kebutuhan saat ini atau kebutuhan saat ini adalah kebutuhan yang pemenuhannya tidak dapat ditunda. Misalnya, orang yang lapar dan sakit perlu segera merespons kebutuhan mereka.
  • Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang diarahkan untuk masa depan. Misalnya, jika Anda mengambil asuransi pendidikan untuk mempersiapkan kelas.

Berdasarkan Sifat Pemenuhan Kebutuhan

Jenis-jenis kebutuhan ini diklasifikasikan sesuai dengan tujuan memenuhi kebutuhan yang digunakan. Termasuk dalam kebutuhan ini adalah kebutuhan fisik dan mental.

  • Kebutuhan fisik atau kebutuhan fisik adalah kebutuhan yang berhubungan dengan tubuh manusia. Jenisnya termasuk pakaian, makanan, minuman, dan obat-obatan.
  • Kebutuhan spiritual adalah kebutuhan psikologis. Agar dapat bekerja lebih baik, misalnya, karyawan harus termotivasi dan diberi saran.

“Jenis kebutuhan dapat dibedakan berdasarkan intensitasnya, topik kebutuhan, waktu pemenuhan, dan jenis pemenuhan kebutuhan.”

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Ada perbedaan perbedaan antara kebutuhan seseorang dan kebutuhan orang lain. Demikian juga perbedaan kebutuhan antara satu kelompok dan kelompok lainnya. Misalnya, kebutuhan pelukis tentu berbeda dengan kebutuhan arsitek. Perbedaan ini dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan agama, adat dan peradaban.

a. Lingkungan

Orang yang tinggal di lingkungan yang berbeda akan memiliki kebutuhan yang berbeda. Misalnya, orang yang tinggal di iklim dingin cenderung memakai pakaian tebal, dan sebaliknya, orang yang tinggal di iklim panas cenderung berpakaian tipis.

b. Agama

Agama adalah salah satu faktor penting untuk kebutuhan individu. Contohnya umat Islam yang membutuhkan alat agama yang sesuai dengan ajaran mereka dan agama lain.

c. Adat Istiadat

Kebiasaan yang berlaku di satu area juga memengaruhi berbagai kebutuhan dan pola hidup seseorang. Komunitas Melayu Riau secara tradisional menggunakan berbagai jenis pakaian tradisional berdasarkan waktu atau acara tertentu, sementara komunitas Tapanuli secara tradisional menggunakan Ulos untuk acara-acara tradisional.

d. Peradaban

Kemajuan peradaban yang berbeda di setiap wilayah juga mengarah pada kebutuhan yang berbeda. Pada 1980-an, fasilitas komunikasi di Indonesia masih terbatas pada telepon dan pos. Orang Indonesia saat ini dapat berkomunikasi menggunakan ponsel dan Internet.

Demikianlah sobat Penjelasan Lengkap tentang Pengetian Masalah Ekonomi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan kita bisa mengatasi masalah ekonomi kita dan lebih paham tentang pengertian masalah ekonomi.

Baca Juga :