Penelitian : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Jenis

Posted on

Penelitian : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Jenis – Hai sobat… kali ini edmodo.co.id akan membahas tentang Penelitian. Pembahasan meliputi : pengertian penelitian, penelitian menurut para ahli, ciri-ciri penelitian, fungsi penelitian, tujuan penelitian dan jenis-jenis penelitian. Simaklah penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Penelitian

Apa arti penelitian? Penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data untuk tujuan dan penggunaan tertentu. Tujuan dari jalur ilmiah yaitu penelitian harus didasarkan pada fitur ilmiah yang rasional, empiris, dan sistematis.

  1. Secara empiris, penelitian harus didasarkan pada fakta dan memiliki sumber yang dapat dipercaya.
  2. Rasional, penelitian harus dilakukan dengan upaya yang wajar dan dapat diterima oleh orang-orang.
  3. Penelitian harus dilakukan secara sistematis dengan cara terstruktur sesuai dengan langkah / prosedur untuk menjelaskan sebab dan akibat dari objek yang diperiksa.

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

Para ahli juga memberikan pendapat mereka tentang pentingnya penelitian, diantaranya:

1. Soetrisno Hadi

Menurut Soetrisno Hadi, penelitian adalah upaya untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran pengetahuan yang dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah.

2. Sanapiah Faisal

Menurut Sanapiah Faisal, istilah penelitian adalah kegiatan menganalisis masalah, menggunakan metode ilmiah secara teratur dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru yang dapat didasarkan pada kebenaran tentang dunia alam dan sosial.

3. Tyrus Hillway

Hillway mengatakan bahwa penelitian adalah metode investigasi yang mendalam, menyeluruh, dan mengandung semua jenis fakta yang dapat dipercaya untuk memecahkan masalah tertentu.

4. Soerjono Soekanto

Menurutnya, penelitian adalah kegiatan ilmiah yang didasarkan pada analisis dan konstruksi yang sistematis, metodis dan konsisten serta bertujuan untuk mengungkap kebenaran tentang apa yang sedang dihadapi.

5. Donald Ary

Selain itu, definisi penelitian Ary adalah penerapan pendekatan ilmiah untuk menilai masalah dalam memperoleh informasi dan hasil yang bermanfaat yang dapat dipertimbangkan.

Ciri-Ciri Penelitian

Kegiatan penelitian harus memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik penelitian adalah sebagai berikut:

  • Bersifat ilmiah, yaitu penelitian harus mengikuti prosedur dan selalu menggunakan bukti yang meyakinkan dalam bentuk fakta yang diperoleh secara objektif.
  • Penelitian, proses yang sedang berlangsung dilakukan terus menerus dan terus menerus karena hasil penelitian selalu dapat disempurnakan.
  • Secara analitis, yaitu pekerjaan penelitian yang dilakukan harus ditunjukkan dan dijelaskan dengan menggunakan metode ilmiah, dan sebab dan akibat harus ada di antara variabel.
  • Kontribusi, penelitian harus memiliki kontribusi (nilai tambah) sehingga ada hal-hal baru yang dapat ditambahkan dalam sebuah penelitian.

Fungsi Penelitian

Tentu saja, sebuah penelitian memiliki fungsi. Fungsi dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

  • Menjelaskan dan berikan data atau informasi.
  • Menjelaskan latar belakang terjadinya suatu peristiwa atau fenomena.
  • Menyusun sebuah teori.
  • Memprediksi, memperkirakan, dan memproyeksikan peristiwa yang mungkin terjadi berdasarkan data yang dikumpulkan
  • Periksa kejadian dan gejala yang terjadi.

Tujuan Penelitian

Berikut ini adalah tujuan dari sebuah penelitian:

1. Tujuan Eksploratif

Dalam hal ini, penelitian eksplorasi terdiri dari menemukan pengetahuan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Misalnya, penelitian tentang manfaat ekstrak kayu manis untuk masalah diabetes dalam tubuh manusia.

2. Tujuan Pengembangan

Penelitian dengan tujuan pengembangan adalah menggali lebih dalam atau mengembangkan studi atau pengetahuan yang ada. Misalnya, studi tentang manfaat ekstrak kulit manggis untuk masalah diabetes yang ada.

3. Tujuan Verifikatif

Penelitian untuk tujuan verifikasi terdiri dalam membuktikan atau menguji ulang kebenaran ilmu yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, menunjukkan manfaat ekstrak belimbing sebagai agen antibakteri.

Jenis Penelitian

Berdasarkan tujuan dan kegunaannya, jenis penelitian dibagi menjadi dua bagian, termasuk yang berikut:

A. Berdasarkan Tujuan

1. Penelitian Eksploratoris

Penelitian eksplorasi adalah penelitian yang dilakukan dengan penelitian yang tidak akrab dengan masalah yang sedang diselidiki. Atau bisa dikatakan, penelitian ini adalah penelitian baru dan sangat langka pada penelitian tersebut.

2. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif bertujuan untuk memberikan penjelasan atau menggunakan berbagai indikator untuk menggambarkan masalah sosial yang menjadi subjek penelitian.

3. Penelitian Eksplanatoris

Penelitian eksplanatori adalah penelitian yang bertujuan memberikan jawaban terhadap masalah sosial dengan menguji hipotesis dalam masalah sosial lainnya.

B. Penelitian Berdasarkan Kegunaannya

1. Penelitian Murni

Penelitian murni bertujuan untuk mengembangkan ide, konsep, atau teori, menguji dan menguji hipotesis yang kemudian menguji kebenaran hasil atau teori yang sebelumnya ada.

2. Penelitian Terapan

Penelitian terapan bertujuan untuk memecahkan atau memecahkan solusi untuk masalah dalam komunitas praktis. Hasil penelitian ini kemudian diimplementasikan sebagai solusi di lingkungan masyarakat.

3. Penelitian Aksi

Penelitian tindakan bertujuan untuk memecahkan masalah melalui tindakan atau tindakan nyata untuk mendapatkan solusi terbaik segera. Penelitian tindakan ini menekankan tindakan nyata.

4. Penelitian Kebijakan

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kebijakan berdasarkan data dan fakta lokal dan hasilnya tersedia dalam bentuk peraturan, hukum, keputusan atau sesuatu yang terkait dengan hukum.

5. Penelitian Evaluasi

Penelitian evaluasi bertujuan untuk mengevaluasi suatu program, kegiatan atau kebijakan yang ditujukan untuk intervensi masyarakat. Biasanya penelitian ini merupakan evaluasi atau studi terhadap sesuatu yang diputuskan atau dilakukan oleh pemerintah.

Metode Penelitian

Selain tipenya, studi harus memiliki metode yang jelas. Metode penelitian dapat diartikan sebagai pendekatan atau metode dimana proses penelitian dilakukan untuk mendapatkan hasil penelitian.

  1. Metode Historis

Metode ini berguna untuk merekonstruksi masa lalu secara sistematis dan objektif. Data yang dikumpulkan dan masalah yang akan diselidiki disebabkan di masa lalu dengan mengumpulkan data, mengevaluasi, memeriksa dan mensintesis bukti lapangan. Penelitian menggunakan metode historis adalah pemeriksaan kritis terhadap perkembangan sosial yang terjadi.

2. Metode Deskriptif

Metode deskriptif ini digunakan untuk secara sistematis dan terinci menjelaskan atau menggambarkan suatu fakta ketika menyelesaikan suatu masalah. Metode ini juga dapat digunakan dalam penelitian untuk menemukan dan menemukan teori melalui pengamatan lapangan dan kondisi alam.

3. Metode Korelasional

Metode yang bertujuan untuk menemukan hubungan atau korelasi dari satu variabel dengan variabel lainnya. Hasil penelitian tidak jauh dari hubungan antara satu variabel dan variabel lainnya.

4. Metode Eksperimental

Penelitian untuk menemukan dan mempertahankan korelasi antara sebab dan akibat yang memungkinkan peneliti mengubah variabel dan mempelajari efek yang terjadi.

5. Metode Kuasi Eksperimental

Metode ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari metode eksperimental, tetapi peneliti tidak dapat secara sepihak mengatur variabel independen.

6. Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian yang menekankan pemahaman mendalam tentang masalah tertentu, dijelaskan secara deskriptif, dan menggunakan analisis terperinci. Metode kualitatif ini terutama data yang diperoleh dari pengamatan lapangan dengan membuat pengamatan, mencatat, menggali informasi dan menggambarkannya dalam bentuk analisis.

7. Metode Penelitian Kuantitatif

Jenis penelitian ini dilakukan dengan cara yang lebih sistematis, spesifik dan terstruktur. Berbeda dengan penelitian kualitatif yang berakhir dengan analisis, metode kuantitatif ini menggunakan angka dalam data.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang Penelitian : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Jenis. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Baca Juga :