Pengertian Ilmu Ekonomi, Ruang Lingkup dan Pengelompokkan

Posted on

Ilmu Ekonomi : Pengertian, Ruang Lingkup, Pengelompokkan, Konsep Dasar – Halo sahabat-shabat semua, kali ini kita akan membahas tentang Ilmu ekonomi, ruang lingkup dan pengelompokkan Ilmu ekonomi. Yuk! Kita bahas satu per satu.

ilmu ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi merupakan ilmu pengetahuan yang berkaitan langsung dengan kehidupan manusia sehari-hari, karena ilmu ekonomi mengkaji upaya manusia dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan masyarakat tentunya terus berkembang seiring dengan meningkatnya kemakmuran.

Jadi ilmu ekonomi itu adalah ilmu yang mempelajari perilaku atau tindakan individu dan masyarakat membuat suatu pilihan (dengan atau tanpa uang) dengan menggunakan sumber-sumber yang terbatas, dengan cara terbaik dalam menghasilkan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan manusia yang (relatif) tidak terbatas. Tujuan dari ilmu ekonomi itu sendiri adalah untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.

Pemahaman lain tentang ilmu ekonomi adalah mempelajari prinsip-prinsip produksi, distribusi, dan penggunaan barang dan kekayaan, dan penggunaan uang, energi, waktu, dan sebagainya yang berharga. Ekonomi berkaitan dengan ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Menurut Para Ahli Adam Smith,

Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang secara sistematis memeriksa perilaku manusia untuk menyediakan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Para Ahli Case and Fair,

Ilmu Ekonomi meneliti bagaimana individu dan masyarakat memilih untuk menggunakan sumber daya langka yang telah disediakan alam pada generasi sebelumnya.

Menurut Para Ahli M. Manullang,

Ilmu Ekonomi adalah analisis perjuangan masyarakat untuk kesejahteraan (kemakmuran adalah situasi di mana orang dapat memenuhi kebutuhan mereka baik dalam bentuk barang dan jasa).

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi mudah dipelajari karena memiliki ruang lingkup mikro dan makro. Kedua-duanya memberikan batasan dan asumsi yang jelas.

Ekonomi Mikro

  • Ekonomi mikro adalah bidang ekonomi yang berspesialisasi dalam studi bagian-bagian kecil (aspek individu) dari keseluruhan kegiatan ekonomi.
  • Analisis teori ekonomi mikro mencakup perilaku pembeli (konsumen) dan produsen di pasar secara terpisah.

Sikap dan perilaku konsumen tercermin dalam penggunaan pendapatan yang diperoleh, dan sikap dan perilaku produsen tercermin dalam penyediaan barang. Oleh karena itu, ekonomi mikro sering disebut teori harga, karena inti dari ekonomi mikro adalah masalah penetapan harga.

Tujuan dan sasaran analisis ekonomi mikro fokus pada bagaimana membuat pilihan untuk;

  1. Mengefisiensikan penggunaan sumber-sumber
  2. Mencapai kepuasan maksimum.

Argumen inti dari ekonomi mikro adalah masalah penentuan harga, maka sering disebut dengan teori harga. Tujuan analisis ekonomi mikro berfokus pada bagaimana membuat pilihan dalam mencapai efisiensi penggunaan sumber daya dan mencapai kepuasan maksimum.

Ekonomi Makro

Ekonomi makro adalah bidang ilmu ekonomi yang berspesialisasi dalam mempelajari mekanisme operasi ekonomi. Secara keseluruhan (set) terkait dengan efisiensi penggunaan faktor produksi yang tersedia sehingga kesejahteraan seluruh masyarakat dapat dimaksimalkan.

Ketika masalah produsen dibahas, seluruh produsen dianalisis, dan ketika konsumen dianalisis, semua konsumen mengalokasikan pendapatan untuk membeli barang / jasa yang dihasilkan oleh prekonomian.

Demikian pula variabel seperti penawaran, permintaan, perusahaan, dan harga. Intinya adalah bahwa ekonomi makro menganalisis keputusan. Tingkat aktivitas ekonomi diukur dengan pendapatan oleh karena itu, ekonomi makro sering disebut teori pendapatan.

Maksud dan tujuan analisis ekonomi makro antara lain:

  1. Permintaan agregasi dalam keputusan tingkat kegiatan ekonomi
  2. Kepentingan kebijakan dan campur tangan pemerintah dalam mewujudkan hasil dari kegiatan ekonomi yang diinginkan.

Instrumen Analisis

Ilmu ekonomi membutuhkan instrumen analisis untuk menjelaskan teori dan menguji kebenaran teori-teori tersebut. Grafik kurva adalah alat analisis utama, dan pada tingkat yang lebih dalam matematika memainkan peran yang sangat penting. Statistik juga dibutuhkan untuk mengumpulkan fakta dan menguji kebenaran teori ekonomi.

Pengelompokkan Ilmu Ekonomi

Dalam ilmu ekonomi dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu

1. Ilmu Ekonomi Deskriptif

Ekonomi deskriptif (descriptive economics) adalah ilmu ekonomi yang menggambarkan keadaan ekonomi aktual dalam masyarakat. Ekonomi deskriptif bertugas mengumpulkan informasi konkret terkait masalah ekonomi.

Penjelasan masalah ekonomi rumit, fakta bahwa aspek manusia dipengaruhi oleh banyak faktor dalam perilakunya. Ini karena perubahan yang terjadi di masyarakat bersifat kompleks dan tentunya tidak hanya dipengaruhi oleh variabel ekonomi.

2. Ilmu Ekonomi Teori

Teori ekonomi (economics theory) memberikan pandangan yang menunjukkan sifat hubungan yang muncul dalam aktivitas ekonomi dan prediksi tentang peristiwa yang terjadi ketika kondisi yang mempengaruhi berubah. Tantangan teori ekonomi adalah memberikan abstraksi terhadap realitas yang terjadi dalam perekonomian. Realitas ekonomi itu kompleks, membutuhkan penyederhanaan dan abstraksi, sebagaimana diuraikan dalam teori.

3. Ilmu Ekonomi Terapan

Ekonomi terapan (applied economics) juga disebut ekonomi kebijakan. Dengan memasukkan konsep ke dalam teori ekonomi, diterapkan pada kebijakan ekonomi dengan tetap memperhatikan data dan fakta yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif.

Sasaran kebijakan ekonomi meliputi:

  • Mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat
  • Membuat stabilitas harga
  • Mengatasi pengangguran, dan
  • Mencapai pemerataan pendapatan.

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Berikut ini beberapa konsep dasar ilmu ekonomi, lihat penjelasan di bawah ini:

Kegiatan Ekonomi

Berikut ini kegiatan ekonomi yang ada di ilmu ekonomi:

a. Produksi

Produksi merupakan sebuah aktivitas karyawan yang mengembangkan produk atau layanan yang mengumpulkan sumber daya, modal, dan keahlian tertentu.

b. Konsumsi

Konsumsi adalah aktivitas menggunakan produk atau layanan. Mereka biasanya membelinya karena berguna dan diperlukan untuk kehidupan mereka. Ini juga ditentukan oleh jumlah pendapatan.

c. Distribusi

Pengertian Distribusi meruapakan kegiatan yang berkaitan dengan penjualan barang / jasa. Distribusi yang adil meningkatkan penjualan barang. Tersebar luas sehingga produk bisa diterima oleh masyarakat

Tindakan Ekonomi

Arti dari Tindakan ekonomi merupakan suatu upaya orang untuk mencapai kesuksesan dan keuntungan. Tindakan ini didasarkan pada dua aspek, yaitu tindakan rasional dan irasional, berikut penjelasannya.

  • Tindakan Rasional merupakan upaya manusia untuk memilih barang terbaik. Anda akan membandingkan dengan toko sebelah dalam hal harga, layanan, kualitas dan rasa.
  • Tindakan Irasional adalah usaha manusia untuk memilih dan menyembah yang terbaik. Tetapi mereka sering menyesal telah membelinya. Setelah digunakan, barang tersebut tidak memenuhi harapan

Motif Ekonomi

Ada dua jenis motif ekonomi, yaitu intelektual dan ekstrinsik. Berikut penjelasannya:

  • Motif intrinsik adalah kebutuhan dan kebutuhan yang biasanya dibeli oleh operator ekonomi berdasarkan kebutuhan sehari-hari. Jenis ketergantungan ini diharapkan dari perusahaan sebagai pelanggan setia.
  • Motif ekstrinsik adalah keinginan seseorang. Operator ekonomi melakukan ini karena mereka diminta untuk membeli dan mengkonsumsi oleh pihak luar.

Metodologi Ilmu Ekonomi

Ada dua metode ilmu ekonomi, yaitu metode induksi dan metode deduksi, berikut penjelasannya:

  • Metode Induksi didasarkan pada berbagai peristiwa ekonomi yang diatur secara sistematis untuk sampai pada kesimpulan umum.
  • Metode Deduksi didasarkan pada teori ekonomi dan dianalisis dan diperiksa untuk menarik kesimpulan tertentu.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Ilmu Ekonomi, Ruang Lingkup dan Pengelompokkan nya serta konsep dasar. Semoga materi ilmu ekonomi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baja Juga :