Pasar Modal : Penjelasan Lengkap dan Contohnya

Posted on

Pasar Modal : Hai sobat edmodo.co.id dimanapun berada, pada kesempatan kali ini, akan dibahas tentang Pasar Modal. Pembahasan mulai dari Pengertian Pasar Modal, Tujuan Pasar Modal, Fungsi Pasar Modal, Jenis Pasar Modal, Struktur Pasar Modal dan Contoh Pasar Modal yang akan dibahas secara lengkap. Simaklah penjelasan berikut ini sampai tuntas.

pasar modal

Pengertian Pasar Modal

Secara umum, pasar modal adalah pasar yang menyatukan kelebihan dana dan mereka yang membutuhkan dana.

Pemahaman lain tentang pasar modal adalah pasar untuk perdagangan dana jangka panjang dalam bentuk obligasi atau saham. Dana yang ditawarkan di pasar modal adalah dana dalam bentuk surat berharga atau surat berharga / surat berharga dengan jangka waktu lebih dari satu tahun. Untuk alasan ini, pasar modal sering disebut sebagai bursa saham. Bursa saham adalah pasar tempat penjual dan pembeli surat berharga / surat berharga bertemu.

Tujuan Pasar Modal

Secara umum, fungsi pasar modal adalah sebagai berikut:

1.Untuk indikator ekonomi pemerintah
Peningkatan aktivitas penjualan dan pembelian (volume) di pasar modal dapat menunjukkan bahwa kegiatan bisnis perusahaan berjalan dengan baik. Dan sebaliknya.

2. Meningkatkan modal bisnis
Perusahaan dapat memperoleh dana dengan menjual saham ke pasar modal. Saham-saham ini dibeli oleh publik, perusahaan lain atau lembaga pemerintah.

3. Untuk penciptaan pekerja
Keberadaan pasar modal dapat menjadi insentif untuk mengembangkan industri lain, yang efeknya dapat menciptakan lapangan kerja baru.

4. Untuk penghasilan yang adil
Saham yang diperoleh menawarkan dividen atau bagian dari laba perusahaan kepada pembeli dalam periode waktu tertentu. Untuk alasan ini, penjualan saham di pasar modal dapat dilihat sebagai sarana distribusi pendapatan yang adil.

5. Untuk lembaga untuk meningkatkan pendapatan pemerintah
Setiap dividen kepada pemegang saham dikenakan pajak oleh pemerintah. Penghasilan tambahan dari pajak ini meningkatkan pendapatan bagi negara.

6. Untuk fasilitas meningkatkan kapasitas produksi
Modal tambahan dari pasar modal meningkatkan atau meningkatkan produktivitas perusahaan.

Jenis-Jenis Pasar Modal

Jenis-jenis pasar modal meliputi:

1.Pasar primer (pasar primer / IPO)
Pasar primer adalah jenis pasar modal yang menawarkan sekuritas dari pelanggan dan agen komersial kepada investor publik.

2. Pasar sekunder (pasar sekunder)
Efek yang terdaftar diperdagangkan di pasar sekunder. Pasar sekunder menawarkan investor kesempatan untuk membeli atau menjual sekuritas yang terdaftar setelah penawaran awal. Di pasar ini, sekuritas diperdagangkan oleh investor lain.

Struktur Pasar Modal

Struktur pasar modal tertinggi di Indonesia terletak pada Menteri Keuangan, yang menunjuk OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Lembaga pemerintah ini bertanggung jawab untuk mengembangkan, mengatur, dan memantau pasar modal harian dengan tujuan menciptakan kegiatan pasar modal yang teratur dan sesuai. efisien dan juga melindungi kepentingan komunitas investor.

Contoh Pasar Modal

Contoh pasar modal di Indonesia adalah Bursa Efek Indonesia atau Bursa Efek Indonesia (BEI atau BEI). BEI adalah kombinasi dari Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES). Contoh pasar modal di dunia adalah:

  • New York Stock Exchange (NYSE)
  • Japan Stock Exchange Group
  • Shanghai Stock Exchange
  • London Stock Exchange
  • Hongkong Stock Exchange
  • Toronto Stock Exchange (TSX)

Demikianlah penjelasan lengkap tentang Pasar Modal : Pengertian Pasar Modal, Tujuan Pasar Modal, Fungsi Pasar Modal, Jenis Pasar Modal, Struktur Pasar Modal dan Contoh Pasar Modal. Semoda dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kita tentang apa itu pasar modal. Sampai bertemu lagi dengan artikel lainnya.

Baca Juga :